tutup iklan
bahasa innndnesia smk

Puisi Aku Ingin Karya Sapardi Djoko Damono

Senin, 20 November 2017


Puisi Aku Ingin Karya Sapardi Djoko Damono (elinbi.blogspot.com) - Puisi yang berjudul Aku Ingin karya maestro puisi Sapardi Djoko Damono merupakan salah satu puisi yang terkenal. Puisi ini ditulis Sapardi tahun 1989 dan dimasukkan dalam Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni.

Puisi romantis bermakna sederhana ini memiliki banyak penggemar. Bahkan anak sekolahan pun mengenal puisi indah ini. Banyak juga yang mencantumkan puisi ini di undangan pernikahan. Keindahan dan keserhanaan liriknya menjadikan puisi ini menjadi karya agung sepanjang masa.

Puisi Aku ingin ini ditulis berulang-ulang dalam berbagai bentuk dan sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Salah satunya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh John McGlynn dengan judul I Want. Film Cinta dalam Sepotong Roti (1991) yang disutradarai Garin Nugroho juga memakai musikalisasi puisi Aku Ingin sebagai soundtrack.

Ini dia puisi Aku ingin karya Sapardi Djoko Damono:




AKU INGIN 
Karya : Sapardi Djoko Damono

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada


Ini puisi Aku ingin yang diterjemahkan oleh John McGlyynn

I WANT
by Sapardi Djoko Damono
translated by John H. McGlynn

I want to love you simply
In words not spoken:
Tinder to the flame which transforms it to ash

I want to love you simply
In signs not expressed:
Clouds to the rain which make them evane


Selain puisi Aku Ingin ini ada banyak puisi indah yang diciptakan oleh Sapardi Djoko Damono. Salah satu yang juga sangat terkenal puisi yang berjudul Pada Suatu Hari Nanti. Untuk melihat puisi Pada Suatu Hari Nanti, silakan klik link berikut https://goo.gl/9vZq66