tutup iklan
bahasa innndnesia smk

Soal Ujian Essay HOTS bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Genap)

Minggu, 31 Mei 2020


Soal Ujian Essay HOTS bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Genap) - elinbi.blogspot.com
Wah, sudah mau ujian kenaikan kelas nih! Para siswa pasti udah mulai mencari contoh-soal untuk latihan. Guru-guru juga sibuk mencari bahan dan contoh soal untuk referensi membuat soal ujian. Nah, blog inilah jawabannya. Di elinbi.blogspot.com siswa dan guru bahasa Indonesia bisa mendapatkan contoh soal-soal ujian terbaru dan berkualitas.


Jika sebelumnya saya membagikan soal ujian bahasa Indonesia kelas X Semester 2 (genap) dalam bentuk pilihan ganda dan essay sederhana, kali ini saya akan membagikan Soal Ujian Essay HOTS bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Genap) yang berkualitas dan terbaru. Mudah-mudahan soal ini bisa menjadi referensi dan contoh yang baik untuk siswa dan guru bahasa Indonesia. Berikut Soal Ujian Essay HOTS bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Genap):




1. Buatlah dialog negosiasi berdasarkan gambar di bawah ini!


Bacalah teks negosiasi berikut untuk menjawab soal no 2 dan 3

            Negosiasi Membeli Buku

Pada siang hari di pasar buku loakan, saya menanyakan harga buku ke seorang penjual.
Saya : “Maaf, buku ini harganya berapa, Bang?”
Penjual : “Oh… Ini Rp79.000,00.”
Saya : “Wah, mahal sekali, Bang.”
Penjual : “Ya, memang segitu.”
Saya : “Harga pasnya berapa, Bang?”
Penjual : “Ya, itu sudah harga pas, Dik. Buku ini memang mahal!”
(Saya tahu harga buku ini memang sangat mahal. isinya mantap, pengarangnya terkenal, dan cetakannya juga bagus. Kalau beli di toko mungkin harganya dapat mencapai RP100.000,00 atau kurang sedikit)
Saya : “Rp50.000,00 gimana, Bang?” (saya mencoba menawar)
Penjual : “Nggak dapat, Dik. Buku mahal itu.”
Saya : “Ya, saya tahu, tapi masa nggak bisa kurang harganya.”
Penjual : “Udah, Rp70.000,00 saja.”
Saya : “60.000,00 gak bisa, ya?”
Penjual : “Naikin dikitlah. Jangan segitu.”
Saya : “Berapa dong?”
Penjual : “Rp65.000,00 harga pas, deh.”
Saya : “Okelah kalau begitu. Saya ambil satu.”

2. Perhatikan teks negosiasi berjudul “Negosiasi Membeli Buku” di atas. Identifikasikanlah teks tersebut ke dalam bagian struktur:
a. Orientasi     :
b. Pengajuan   :
c. Penawaran  :
d. Persetujuan :
e. Penutup       :

3. Analisislah kaidah kebahasaan teks negosiasi yang berjudul “Negosiasi Membeli Buku” dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Siapa pihak yang bernegosiasi?
b. Apakah negosiasi harus menggunakan bahasa lisan?
c. Bagaimana konflik/pertentangan pada teks negosiasi tersebut?
d. Apa yang menjadi objek tawar-menawar?
e. Apa keinginan yang ditawarkan?
f. Apa keputusan akhirnya?

4. Dapatkah tercapai sebuah kesepakatan jika para negosiator tidak dapat mengendalikan emosi? Jelaskan pendapatmu!

5. Apa pendapatmu terkait situasi debat yang terlihat pada gambar 1 dan 2 ?
   
Gambar 1
Situasi debat 1









Gambar 2







Pendapatmu pada
Gambar 1 :

Gambar 2 :


6. Buatlah pernyataan beserta argumen sebagai tim pro,tim kontra, dan netral terhadap mosi “Sekolah mewajibkan siswa menggunakan bahasa Inggris di sekolah”

Pendapat sebagai Tim Pro :
Pendapat sebagai Tim Kontra :
Pendapat sebagai Tim Netral :

7. Jelaskan 3 hal yang perlu diperhatikan dalam debat!

Bacalah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 8 s.d 9

BIOGRAFI CHAIRUL TANJUNG SI ANAK SINGKONG

Chairul Tanjung, anak dari pasangan Halimah dan Abdul Ghafar Tanjung yang saat itu berprofesi sebagai seorang wartawan masa orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah minim. Dilahirkan pada tanggal 16 Juni 1962 di Sibolga, dari kondisi kalangan menengah ke bawah. Ia bersama orangtua dan keenam saudaranya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke kamar losmen yang sempit.

Jenjang pendidikan ia tempuh sampai tamat, mulai dari SD dan SMP Van Lith, Jakarta pada 1975, SMA Negeri 1 Boedi Oetomo pada 1981, dan berhasil lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia pada 1987. Tidak sampai disitu, ia pun berhasil mengambil gelar MBA-nya dari Executive Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (IPPM) pada 1993.

Demi membiayai kebutuhan kuliahnya, ia pun berdagang buku-buku kuliah, fotokopi, hingga jasa pembuatan kaos. Ia juga pernah mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di Jakarta Pusat walaupun pada akhirnya mengalami kebangkrutan. Dalam kondisinya yang kurang menguntungkan, ia tetap gigih dalam bekerja dan menyelesaikan bangku kuliahnya, bahkan ia mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional tahun 1984-1985.

LIKA-Liku Kehidupan Si Anak Singkong
Kegagalannya dalam membangun bisnis, tidak membuatnya patah semangat. Ia mencoba membuka usaha kontraktor walaupun ia tetap mengalami kebangkrutan, hingga membuatnya harus bekerja di perusahaan baja dan sempat pindah ke perusahaan rotan. Setelah lulus kuliah, Chairul Tanjung bersama dengan tiga rekannya memulai sebuah bisnis pembuatan sepatu anak-anak ekspor yang diberi nama PT Pariarti Shindutama. Modal awalnya sebesar Rp150 juta yang dipinjam dari Bank Exim dapat menghasilkan 160 ribu pasang sepatu dari Italia. Bisnis bersama ini pun nyatanya berhasil maju pesat. Sangat disayangkan, kerja sama mereka mendapat jalan buntu karena perbedaan visi dalam hal ekspansi usaha.
 Hal ini pun membuat Chairul Tanjung memutuskan untuk memisahkan diri dari rekan-rekannya tersebut dan mendirikan bisnis sendiri.

Mulai Menapaki Tangga Kesuksesan
Sosoknya yang mau berkawan dengan siapapun, bahkan dengan petugas pengantar surat, membuat perkembangan usahanya semakin lancar. Relasi dibangun dengan berbagai perusahaan, baik yang sudah ternama bahkan yang tidak terkenal sekalipun. Ia mengarahkan bisnisnya ke konglomerasi (perusahaan yang punya beragam bisnis dan memungkinkan tidak ada kaitan antara satu sama lain) dengan mereposisikan dirinya kepada tiga bisnis inti, yaitu Keuangan, Properti, dan Multimedia. Perusahaan konglomerasi ini mempunyai Para Inti Holdindo sebagai father holding company, yang membawahi beberapa sub-holding, yaitu Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti). Oleh karena perkembangan bisnisnya, ia pun lebih senang mengakuisisi perusahaan dibandingkan membangun bisnis karena tidak adanya waktu untuk membangun usahanya dari nol.

Titik Puncak Kesuksesan
Saat ini, Chairul Tanjung memiliki sejumlah perusahaan di bidang keuangan, di antaranya Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance.Ia juga memegang perusahaan Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam. CT Corp juga memiliki Bandung Supermall yang kini berubah menjadi Trans Studio Mall yang diluncurkan sebagai Central Business District pada 1999 dengan luas 3 hektar dan menghabiskan dana Rp99 miliar.

Dalam usaha mengembangkan sayapnya di dunia penyiaran dan multimedia, ia memiliki Trans TV, Trans7, Mahagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio. Sedangkan dalam bidang bisnis dan investasi, perusahaannya membeli sebagian besar saham Carrefour Indonesia sebesar 40% melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 12 Maret 2010 di Perancis.

Perkembangan bisnisnya yang semakin menanjak tidak lepas dari usahanya berjejaring dengan berbagai kalangan. Kepiawaiannya dalam berjejaring dengan berbagai kalangan, membuatnya berhasil dalam menemukan mitra-mitra kerja yang handal. Dalam melakukan kerjasama, ia tidak enggan untuk melakukan transaksi dengan perusahaan kecil sekalipun. Menurutnya, membangun sebuah bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Chairul Tanjung berdedikasi untuk menjadi panutan para generasi muda hingga dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Kewirausahaan Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 18 April 2015. Kisah hidupnya yang inspiratif dan memotivasi akhirnya dibukukan yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas dan disusun oleh wartawan Kompas, Tjahja Gunawan Adireja. Buku berjudul “Chairul Tanjung Si Anak Singkong” diluncurkan tepat pada usia Chairul Tanjung setengah abad. Kesabaran dan pantang menyerah dalam dunia usaha adalah satu kunci utama dalam meraih keberhasilan. Ia juga pandai mengatur keuangan bisnis juga uang pribadi yang dimilikinya.

8. Tentukanlah kaidah kebahasaan teks biografi di atas!

No Kaidah kebahasaan Keterangan Bukti Kalimat
1 Pronomina : Ia, ...
2 Verba :
3 Adjektiva :
4 Konjungsi :

9. Jelaskan 5 hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi tersebut!

10. Ciptakanlah sebuah puisi dengan tema “Virus Corona/Covid 19!

Nah, itulah Soal Ujian Essay HOTS Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Genap). Jika butuh kamu juga bisa dapatkan SOAL PILIHAN GANDA. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan pesan