Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang akan diujiankan di hari pertama, yaitu tanggal 3 April 2017. Mata ujian Bahasa Indonesia dari tahun ke tahun selalu disepelekan siswa. Akibatnya, banyak siswa yang malas belajar untuk ujian dan berakhir dengan nilai yang jelek, bahkan tidak lulus. Padahal, butuh kejelian untuk menjawab soal Bahasa Indonesia. untuk itu siswa harus serius mempersiappkan diri sebelum ujian.
Salah satu yang diperlukan untuk persiapan UN Bahasa Indonesia SMK 2017 adalah Kisi-kisi. Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia SMK 2017 diperlukan siswa dan guru untuk mempermudah siswa belajar terarah. Siswa juga akan lebih siap menghadapi ujian. Baiklah, berikut ini akan saya bagikan kisi-kisi UN Bahasa Indonesia SMK 2017:
KISI-KISI
UN BAHASA INDONESIA SMK 2017
Level
Kognitif
|
Membaca
Nonsastra
|
Membaca
Sastra
|
Menulis
Terbatas
|
Menyunting
Kata/Istilah, Frasa, Kalimat, dan Paragraf
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
Pengetahuan
dan Pemahaman
§ Mengidentifikasi
§ Memaknai
§ Menentukan
|
Siswa
dapat
memaknai
istilah/kata
|
Siswa
dapat:
§ menentukan
kata yang bermakna/majas/ kias dalam karya sastra mengidentifikasi unsur
karya sastra
|
Siswa
dapat:
§ mengisi dengan
kata/istilah yang tepat sesuai konteks
|
Siswa
dapat:
§ mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata
§ mengidentifikasi
kesalahan penggunaan konjungsi
§ mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kalimat
|
Siswa dapat:
§ mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan
§ mengidentifikasi
kesalahan penggunaan tanda baca
|
Aplikasi
§ Menangkap informasi
eksplisit
§ Menginterpretasikan
§ Menangkap informasi
implisit
§ Menggunakan
|
Siswa
dapat :
§ menemukan ide
pokok
§ menyimpulkan
isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis,
keberpihakan, sebab-kibat)
§ menemukan
inti kalimat
|
Siswa
dapat:
§ menentukan
isi tersurat dalam karya sastra
§ menyimpulkan
isi tersirat dalam karyasastra
|
Siswa
dapat:
§ melengkapi
unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)
§ melengkapi
unsur karya sastra lama (pantun)
§ melengkapi unsur
ulasan
§ melengkapi
unsur teks prosedur (langkah)
|
Siswa
dapat:
§ menggunakan
istilah dalam kalimat
§ menggunakan
kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
§ menggunakan
kalimat (mengisi kalimat yang sesuai)
|
Siswa
dapat:
§ menggunakan ejaan
§ menggunakan tanda
baca
|
Penalaran
§ Menunjukkan
bukti
§ Membandingkan
§ Menanggapi/
mengomentari
§ Merefleksi
§ Mengevaluasi
|
Siswa
dapat:
§ membuat
ringkasan teks
§ mengomentari pendapat
yang terdapat pada teks
§ menunjukkan
bukti dari simpulan
§ menunjukkan hubungan
antarbagian
teks
|
Siswa
dapat:
§ menganalisis hubungan
antarunsur
§ menentukan
bukti watak, setting
§ mengaitkan
isi dengan kehidupan saat ini
§ menilai keunggulan/kelemahan
kary sastra
§ membandingkan
pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
§ meringkas isi
karya sastra
|
Siswa
dapat:
§ mengurutkan peristiwa
dalam cerita
§ mengurutkan
langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
§ memvariasikan
kata(sinonim)
§ memvariasikan
kalimat
§ menyusun
paragraf dari beberapa data
§ menyusun simpulan
dari beberapa data
|
Siswa dapat:
§ memperbaiki kesalahan
penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak
lengkap)
§ memperbaiki kesalahan
penggunaan paragraf
§ memperbaiki kesalahan
penggunaan kata
|
Siswa dapat:
§ memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan
§ memperbaiki kesalahan
penggunaan tanda baca
|
Semoga bermanfaat.
Tambah materi bahasa Indonesia di elinbi.blogspot.com