tutup iklan
bahasa innndnesia smk

Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2

Minggu, 15 Oktober 2017
Pict By : dalehartery
Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2 (elinbi.blogspot.com) - Pada artikel sebelumnya, saya telah membagikan Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian I yang menbedah poin Membaca Nonsastra. Jika membutuhkan kisi-kisi UN bahasa Indonesia SMK juga ada pada artikel sebelumnya dengan klik Kisi-Kisi UN Bahasa Indonesia SMK 2018 ini.  Kali ini akan saya akan membagikan Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2 yang membedah tentang Membaca Sastra dan Menulis Terbatas. Berikut Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2 : 

MEMBACA SASTRA

A. Menentukan Kata yang Bermakna Simbolik/Majas/ Kias dalam Karya Sastra
Majas atau gaya bahasa adalah cara pengarang atau seseorang dalam mempergunakan bahasa sehingga menimbulkan efek tertentu. Da beberapa majas yang sering muncul dalam soal UN SMK, walaupun tidak tertutup kemungkinan majas lainnya bisa saja muncul. Majas yang sering muncul dalam soal UN antara lain: personifikasi, hiperbola, anafora, epifora, paralelisme. Pleonasme, metonimia, perumpamaan, paradoks, sinekdokhe (par prototo dan totem proparte), majas sindiran, repetisi, tautologi, antitesis, klimaks, antiklimaks, litotes, metafora.

Berikut penjelasan tentang beberapa majas:
1. Perumpamaan/ Simile
Majas perumpamaan/simile adalah majas yang mengungkapkan hal yang berbeda seolah-olah dianggap sama. Majas ini menyamakan satu hal dengan mempergunakan kata-kata pembanding: seperti, bagai, sebagai, bak, semisal, dan seumpama.
Contoh :
- Mereka selalu bertengkar bagai anjing dengan kucing.
- Mukanya pucat seperti bulan kesiangan.

2. Metafora.
Metafora seperti majas per¬bandingan, hanya tidak mem¬pergunakan kata-kata pembanding.
Contoh:
- Raja siang mengiringi pengajian itu.
- Aku ini binatang jalang.
- Ia adalah anak emas keluarganya

3. Alegori
Alegori adalah majas perbandingan yang memper¬lihatkan suatu perbandingan utuh, perbandingan itu membentuk kesatuan yang menyeluruh (cerita kiasan). Kata-kata dalam alegori biasanya mengandung pelajaran.
Contoh:
- Berhati-hatilah kamu mendayung bahtera hidupmu, mengarungi lautan penuh bahaya, batu karang, gelombang dan badai.

4. Personifikasi
Majas yang mengungkapkan benda mati atau benda selain manusia seolah-oleh memiliki sifat manusia.
Contoh :
- Angin berbisik-bisik di kegelapan malam.
- Matahari bangun dari tidurnya.

5. Metonimia
Majas perbandingan yang meng¬gunakan merek dagang atau nama barang untuk melukiskan sesuatu yang dipergunakan atau dikerjakan sehingga kata itu berasosiasi dengan benda keseluruhan. Metonimia disebut juga kiasan pengganti nama.
- Kakak sedang menghisap Sampoerna.
- Tolong belikan aku Aqua dan Tango!

6. Sinekdokhe
Majas yang menyebutkan suatu bagian yang penting suatu benda (hal) untuk benda atau hal itu sendiri. Majas sinekdok ada 2, yaitu:
a. Sinekdokhe Pars Prototo (sebagian objek untuk menunjukkan  keseluruhan)
- Sudah lama tidak kelihatan batang hidungnya.
- Ayah membeli tiga ekor kambing.
b. Sinekdhoke Totem Pro Parte (keseluruhan untuk menunjukkan  sebagian)
- Dalam pertandingan  itu Indonesia unggul  3 – 0 melawan Thailand.

7. Eufemisme (ungkapan pelembut).
Majas perbandingan yang melukis¬kan suatu dengan kata-kata yang lebih lembut (terkadang menggunakan ameliorasi) untuk mengganti¬kan kata-kata yang dirasa kasar sehingga tidak menyinggung orang lain.
Contoh:
- Orang itu kini telah berubah akal (gila)
- Pramuniaga melayani pelanggannya (penjaga toko)

8. Hiperbola
Majas yang mengungkapkan suatu hal berlebihan dari kenyataan.
- Tangisnya membanjiri bumi.
- Suaranya memecahkan gendang telinga.

9. Litotes
Majas yang mengungkapkan sesuatu lebih rendah dengan kenyata¬an yang sebenarnya guna merendah¬kan diri.
- Singgahlah ke gubuk kami.
- Terimalah hadiah yang tidak berharga ini.

10. Ironi
Majas sindiran yang melukiskan sesuatu yang menyatakan sebalik¬nya dari apa yang sebenarnya dengan maksud untuk menyindir orang (sindiran halus)
- Kota itu sangatlah indah dengan sampah-sampahnya.
- Tulisanmu bagus sampai-sampai aku tak bias membacanya.

11. Pleonasme
Majas penegasan yang mengguna¬kan sepatah kata yang sebenarnya tidak perlu dikatakan lagi karena arti kata tersebut sudah terkandung dalam kata yang diterangkan/menggunakan kata yang boros untuk menegaskan sesuatu.
        Contoh:
- Peristiwa itu ku saksikan dengan mata dan kepalaku sendiri
- mereka masuk ke dalam kelas.

12. Repetisi
Majas penegasan yang melukiskan sesuatu dengan mengulang kata atau beberapa kata berkali-kali, yang biasanya dipergunakan dalam pidato.
Contoh: Pengangguran itu setiap hari hanya mabuk, mabuk dan mabuk.

13. Paralelisme
Majas penegasan seperti reptisi, tetapi dipakai dalam puisi.
Contoh:
Aku sengsara karena judi
  Aku melarat karena judi

 Paralelisme dibagi dalam dua jenis:
a. Anafora : bila frasa atau  kata yang diulang terletak di awal kalimat
Aku manusia                                                         
Rindu rasa
Rindu rupa

b. Epifora : bila kata atau frasa yang diulang terletak di akhir kalimat
Kalau kau mau, aku akan datang
Jika kau hendaki, aku akan datang
Bila kau minta, akau akan datang

14. Tautologi
Majas penegasan yang melukiskan sesuatu  dengan menggunakan kata yang sama artinya (bersinonim) untuk mempertegas arti.
Contoh:
Kehendak dan keinginannya akan tercapai jika dia lebih giat lagi berusaha.

15. Klimaks
Majas yang menyatakan beberapa hal  berturut-turut dengan menggunakan uturutan kata-kata yang makin lama makin memuncak pengertiannya.
Contoh: Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua ikut senam pagi.

16. Anti klimaks
Majas yang menyatakan beberapa hal berturut-turut dengan menggunakan  uturan kata-kata yang makin lama makin melemah pengertiannya.
Contoh:
Toko itu menyediakan kebutuhan orang tua, remaja, anak-anak, dan balita.

17. Retorik
Majas mempergunakan  kalimat Tanya yang sebenarnya tidak memerlukan jawaban karena sudah diketahuinya.
Contoh:
- Inikah yang dinamakan cinta?
- Siapa yang akan mengisi kemerdekaan kalau bukan kita, generasi muda?

18. Antitesis
Majas yang melukiskan sesuatu dengan  mempergunakan kepaduan kata yang berlawanan arti (antonim).
Contoh: Kaya miskin, tua muda, besar kecil, semua adalah mahluk Tuhan

19. Paradoks
Majas pertentangan yang melukiskan sesuatu seolah-olah bertentangan, padahal maksud sesungguhnya tidak karena objeknya berlainan.
Contoh:
- Di dalam keramaian aku masih merasa sepi.
- Ayam mati kelaparan dilumbung padi.


Berikut contoh soal yang berkaitan dengan majas:

Bacalah penggalan puisi berikut dengan saksama!
IBU KOTA KOTA IBU
Kau bisa bayangkan
Kalau Jakarta tiba-tiba putih semua
Mas di puncak Monas: putih
Patung Selamat Datang: putih
Pohon Taman Surapati: putih
Lapangan Sepakbola Istora: putih
Air Ciliwung: putih

Majas yang terdapat dalam penggalan puisi tersebut adalah….
A. paralelisme
B. anafora
C. epifora
D. personifikasi
E. paradoks

Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
            Kotak suara
Karya: Taufik Ismail
Inilah kisah tentang sebuah pohon misteri
Di akarnya ada angka sejuta
Naik ke batang jadi setengah juta
Terus ke ranting jadi seratus ribu
Sampai ke puncak tinggal seribu saja
Ajaib, ke mana menguap itu angka

Puisi di atas menggunakan majas…
A. ironi
B. antiklimaks
C. klimaks
D. paradox
E. repetisi

Bacalah penggalan puisi  berikut dengan saksama!     
Ibu
Engkaulah mata air kehidupan
Mengalir damai di persada kasih sayang
Teduh bagaikan embun surgawi
Membasahi nurani sang buah hati

Majas yang digunakan dalam  puisi di atas adalah ….
A. anafora
B. epifora
C. repetisi
D. paradoks
E. metafora

B. Mengidentifikasi Unsur Karya Sastra dan Memaknai Isi Tersurat dalam Karya Sastra

Isi tersurat dari karya sastra dapat dilihat dari unsur-unsurnya. Unsur-unsur cerpen dan novel adalah sebagai berikut.

1. Unsur Cerpen/Novel
a. Unsur Intrinsik
Unsur instrinsik merupakan unsur yang membangun cerita  dari dalam. Unsur instrinsik cerpen dan novel sebagai berikut.
1) Tema   : pokok pikiran pengarang atau inti sari cerita.
2) Amanat : pesan yang disampaikan pengarang
3) Alur : rangkaian  peristiwa yang membentuk cerita dasar hubungan  sebab akibat.

Tahapan alur meliputi:
a) Tahap pengenalan situasi
     Pada tahap ini dibicarakan hal-hal sebagai berikut :
tempat kejadian cerita
waktu terjadinya cerita
tokokh-tokoh yang ditampilkan dan hubungan antar tokoh tersebut.

b) Tahapan konflik (pertikaian)
Tahapan ini diperlihatkan adanya pertikaian-pertikaian, baik pertikaian yang terjadi dalam diri tokoh, maupun pertikaian tokoh utama dengan tokoh yang lain.

c) Klimaks
Pada tahapan ini pertikaian yang terjadi dalam cerita mulai meruncingdan memuncak.

d) Tahap Peleraian (antiklimaks)
Tahap ini pertikaian mulai diturunkan dengan adanya solusi/pemecahan masalah yang timbul. Suspen dibuat menurun sehingga ketegangan mulai mereda.

e) Tahap Penyelesaian
Tahap ini pengarang memperlihatkan tokoh utama utama tersebut bertindak untuk menyelesaikan pertikaian yang dihadapinya. Penyelesaian ini dapat berakhir menyenangkan (happy ending) atau menyedihkan.

Contoh soal tahap alur:

Bacalah penggalan novel berikut dengan saksama!
Di sekitar sebuah pura yang berhiaskan ukiran yang indah permai, pada suatu malam purnama empat belas hari, banyaklah kanak-kanak laki-laki dan perempuan yang asyik bermain bersukaria. Mereka bermain alih-alihan, semacam permainan kanak-kanak di tanah Bali, serupa jumpritan di tanah Jawa. Suaranya yang hening dan riang, terdengar sebentar-sebentar jauh, sebentar dekat, sebentar lagi di sini dan sesudah itu di sana bagaikan suara burung malam yang bergirang karena keindahan malam itu laiknya. (Ujian yang Berat karya Asmara Bangun).

Tahapan alur penggalan novel tersebut adalah ....
A. pengenalan situasi cerita
B. pengungkapan peristiwa
C. menuju konflik
D. klimaks
E. penyelesaian


4) Perwatakan/penokohan : cara pengarang menggambarkan watak tokoh.

5) Latar
Latar adalah seluruh keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana sebagai lokasi dan situasi yang melingkungi tokoh-tokoh dalm cerita.

6) Gaya bahasa :corak bahasa yang digunakan

7) Sudut pandang : cara pandang pengarang dalam  membawakan cerita.

8) Konflik : masalah  ynag terdapat dalam cerita
Konflik berkaitan erat dengan peristiwa. Konflik merupakan kejadian  untuk pengembangan plot. Konflik ditentukan oleh kehadiran masalah dalam cerita. Masalah tersebut membuat cerita menjadi hidup.

Berikut contoh soalnya:

Bacalah penggalan cerita berikut dengan cermat!
“Pagi itu aku bangun seperti biasa, setelah semua kakakku berangkat ke sekolah. Kudapati ibuku duduk di sudut ruang makan, di atas sebuah amben rendah yang menurut ingatanku selalu ada di sana. Di depannya agak menjorok ke emperan yang terlindung dari atap luas hingga ke pinggir latar, tempat penjual sayuran dan berbagai bahan makanan yang setiap hari lewat menjajakan daganganya.

Unsur intrinsik yang menonjol dalam penggalan cerita di atas adalah…
A. Latar waktu, amanat, dan tokoh
B. Latar waktu, latar tempat, dan sudut pandang
C. Tema, amanat, dan sudut pandang
D. Amanat, penokohan, dan latar
E. Amanat, latar, dan plot

Bacalah kutipan novel berikut!
Anak-anak itu pasti akan mengejekku!” Bisik Ita dalam hati. Benar saja, esoknya di sekolah Voni dan Heru menghampiri Ita dan mulai mengejeknya. ”Hai gadis buku loak, mana buku berdebu usangmu? Kami ingin melihatnya”, kata  Voni sambil tertawa.
” Kok kamu tahan membaca  buku-buku berdebu itu? Aku sih bisa bersin-bersin membaca  buku-buku loak itu”, tambah Heru.
Ita diam saja. Sementara itu beberapa teman lain mulai ikut-ikutan mengejek.

    Amanat penggalan novel di atas adalah …
A. orang yang sabar ketika diejek.
B. jangan membaca buku yang berdebu!
C. orang yang tahan mentalnya.
D. sabarlah bila diejek orang!
E. rajinlah membaca buku kuno!

Bacalah penggalan cerita berikut ini!
Pameran antarfakultas yang akan diadakan di salah satu ruangan di gedung rektorat selama seminggu adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun sekali. Hari ini menginjak hari ketiga. Waktu menunjukkan pukul 17.25 WIB di luar sudah mulai gelap. Ruang pameran sudah  mulai sepi. Di setiap stan yang tinggal cuma satu sampai tiga orang yang mendapat giliran berkemas tak terkecuali di stanku.     

Latar tempat cerita tersebut adalah ....
A. ruang kuliah
B. ruang pameran
C. halaman kampus
D. taman kampus
E. stan rektor

b. Unsur ekstrinsik cerpen/novel
Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung memengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra. Unsur ekstrinsik berperan sebagai unsur yang memengaruhi bagun sebuah cerita. Sebagaimana halnya unsur intrinsik, unsur ekstrinsik pun terdiri atas beberapa unsur.
Menurut Wellek & Warren (1956), unsur ekstrinsik adalah:
1) Keadaan subjektivitas individu pengarang misalnya: keyakinan, dan pandangan   hidup
2) Keadaan psikologis, pengarang, pembaca, atau  penerapan prinsip psikologis dalam karya.
3) Keadaan lingkungan pengarang, seperti ekonomi, sosial, dan politik.
4) Pandangan hidup suatu bangsa, berbagai karya seni, agama, dan sebagainya.

Bacalah penggalan novel berikut ini!
Sebelum kami memulai pembicaraan ini, ia mengajak kami berdoa untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas kegiatan yang akan kami laksanakan dan menurutnya sangat berguna. Mataku yang terpejam dalam doa terasa hangat , tersentuh oleh seluruh kata-kata yang telah diucapkannya dalam doa.

Unsur ekstrinsik  yang terkandung dalam penggalan novel di atas adalah nilai ….
A. moral
B. pendidikan
C. budaya
D. sosial
E. agama

Bacalah penggalan cerita berikut dengan cermat!
Dalam penjara, Guru Mahmut juga bingung oleh ketakutannya. Untuk membongkar rahasia perjuangan ia takut kepada kawan-kawannya, sedangkan untuk bungkam juga ia takut disiksa. Akan tetapi, ia memilih tetap bungkam walaupun disiksa. Peristiwa itulah yang mebuat Guru Mahmut menemukan jati dirinya.
Nilai moral yang terkandung dalam penggalan cerita tersebut adalah...
A. keteguhan dalam hati untuk berkata-kata
B. ketakutan yang mendorong pengkhianatan
C. kecurangan demi keselamatan
D. keberanian yang timbul karena rasa tanggung jawab
E. keberanian untuk mati konyol


Bandingkanlah kedua teks anekdot berikut!
Teks 1
Seorang pria sedang menunggu giliran wawancara kerja, dalam setelan jas barunya, dengan tampilan terbaiknya.
Saat ia meletakkan tangganya ke bawah untuk duduk, ia dan pewawancara melihat label harga masih menempel di lengan
“Oh”, kata pria itu, “Setidaknya saya masih bisa mengembalikan pakaian ini ke toko jika saya tidak mendapatkan pekerjaan.”

Teks 2
Seorang salesman real estate berpengalaman meminta kepada atasannya, apakah ia bisa mengembalikan deposit untuk pelanggan yang marah karena telah menemukan bahwa kavling yang dia beli terendam air.
“Anda ini salesman seperti apa?” Boas marah besar, “Silakan keluar dan jual perahu kapadanya.”

Perbedann isi kedua teks anekdot tersebut adalah...
A. Teks 1 latar ceritanya masa kni sedangkan teks 2 masa lalu
B. Teks 1 ada kutipan dialog sedangkan teks 2 tidak ada kutipan dialog
C. Teks 1 mengandung unsur lucu sedangkan teks 2 tidak mengandung unsur lucu
D. Teks 1 tidak menggunakan pengantar cerita sedangkan teks 2 menggunakan pengantar cerita
E. Teks 1 menceritakan seseorang yang sedang mencari kerja sedangkan teks 2 menceritakan seseorang yang sudah bekerja

2. Unsur Drama
Drama merupakan jenis  atau genre karya sastra yang berbentuk percakapan. Unsur drama sebagai berikut.
a. Tema yaitu inti cerita
b. Amanat yaitu  pesan yang ada dalam drama
c. Alur yaitu rangkaian  peristiwa dalam drama
d. Perwatakan yaitu watak tiap-tiap tokoh
e. Konflik merupakan  masalah dalam drama
f. Percakapan yiatu  dialog para pemain
g. Tata artistik yaitu setting panggung
h. Casting yiatu  pemilihan pemeran yang tepat
 i. Acting yaitu perilaku para pemain di panggung

Berikut contoh soalnya:

Cermati penggalan naskah drama berikut!
Rini: ”Manis, kau tentu mengerti arti maaf dan pengertian yang penuh kelapangan dada yang hanya dipunyai seorang ibu serta pintu maaf yang selalu terbuka untuk anaknya. Kembalilah Santi. Mereka ibumu, kakakmu semua sudah  memahami bahwa dalam kemarahan dan kesedihan seseorang dapat terlupa.   Mereka mengerti bahwa sebenarnya kau anak yang manis.
Santi: (memegang bahu Rini, tersenyum)  ” Baiklah Rini, (mengangguk) baiklah akhirnya aku akan kembali ke pangkuan bunda.”
     
Inti penggalan drama di atas adalah ...
A. Penyesalan seorang anak.
B. Ibu yang berdosa kepada anaknya.
C. Seorang ibu yang meninggalkan anaknya.
D. Nasihat kepada seorang anak untuk kembali kepada keluarganya.
E. Kesedihan seorang anak yang berpisah dari ibunya.

Bacalah teks drama berikut!
Aida   : Hai....Najwa apa kabar?
Najwa: Baik.  Lama kita tidak berjumpa, di mana kamu  tinggal sekarang?
Aida   : Aku sekarang tinggal bersama suamiku, Akmal.
Akmal: Wah ... tampaknya Najwa makin bahagia sekarang, ya? 
Najwa: Siapa  yang tak ingin hidup bahagia?             
Aida  : Untuk merayakan pertemuan kita, kita makan dulu ya, sudah lapar nih!
Najwa: Benar-benar  ide cemerlang, aku juga sudah mulai lapar. Bagaimana Akmal?
Akmal: Ya aku siap menemani dan mengantar kalian  wisata kuliner.
Aida   : Di mana makannya? Untuk bernostalgia bagaimana kalau kita makan di kafetaria kampus kita?
Najwa: Wah, asyik tuh!
Watak  Najwa dalam teks drama di atas adalah ....
A. pendiam
B. periang
C. pemalu
D. pemberani
E. pemikir




MENULIS TERBATAS


A. Mengisi Teks Rumpang dengan Istilah yang Tepat Sesuai Konteks

Suatu ilustrasi/bacaan biasanya disampaikan mellalui kat-kata atau istilah dengan makna yang lugas. Akan tetapi, ilustrasi juga dapat disampaikan dengan kata-kata yang bermakna kias, misalnya dengan menggunakan ungkapan (idiom) atau peribahasa.

Ungkapan (idiom) adalah kata atau gabungan kata dengan makna khusus dan tidak dapat diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa atau situasi lain.
Contoh: Ia telah pergi untuk selama-lamanya
Kata “pergi” merupakan ungkapan yang berarti “meninggal”

Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan sesuatu dan berisi pelajaran hidup.

Contoh Soal:
Cermatilah kalimat berikut!
Perkebunan strawberry dan perkebunan apel merupakan kawasan ... yang sangat menarik dikunjungi untuk mengisi liburan sekolah.

Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian kalimat yang rumpang adalah...
A. agrobisnis  D. agrowisata
B.  agrokimia E. agrostologi
C.  agroindustri


B. Melengkapi Unsur Teks Eksposisi

Karangan Eksposisi adalah bentuk karangan yang memaparkan, memberi keterangan, menjelaskan,  memberi informasi sejelas-jelasnya mengenai suatu hal.
Ciri-ciri/karakteristik karangan Eksposisi
Menjelaskan informasi agar pembaca mengetahuinya
Menyatakan sesuatu yang benar-benar terjadi (data faktual)
Tidak terdapat unsur mempengaruhi atau memaksakan kehendak
Menunjukkan analisis atau penafsiran secara objektif terhadap fakta yang ada 
Menunjukkan sebuah peristiwa yang terjadi atau tentang proses kerja sesuatu

Contoh soal:

Cermati paragraf di bawah ini secara saksama!
Sebelum menjadi pimpinan  di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), profesi Chandra Martha Hamzah adalah advokat.  Kiprahnya sebagai advokat dimulai pada tahun 1994. [....] Pada saat magang di LBH, ia sering menangani kasus mengenai pembebasan tanah
yang merugikan masyarakat miskin.

Kalimat yang tepat untuk mengisi  paragraf  yang dirumpangkan adalah...
A. Ia seorang sarjana hukum lulusan Universitas Indonesia.
B. Ketika itu Chandra  magang di Lembaga Bantuan Hukum Jakarta.
C. Chandra juga sering membantu masyarakat miskin yang membutuhkan.
D. Sebagai seorang sarjana hukum ia sangat dermawan dan sosial.
E. Sejak muda Chandra mempunyai banyak kesibukan sesuai profesinya.

Cermatilah paragraf di bawah ini!
(1) Bahasa bukan sekedar alat komunikasi, bahasa itu bersistem.(2) Oleh karena itu berbahasa bukan sekedar berkomunikasi melainkan menaati kaidah yang berlaku.(3) . . . . . . (4) Kaidah bahasa yang tersirat berupa intuisi penutur bahasa.(5) kaidah bahasa yang tersurat adalah aturan bahasa yang dituangkan secara tertulis seperti buku-buku tata bahasa, kamus, dan berbagai pedoman.
Kalimat penjelas yang tepat untuk mengisi bagian rumpang pada paragraf di atas adalah.. ...
A. Kaidah bahasa berisi tentang kebahasaan.
B. Kaidah bahasa menjadi rujukan dalam berkomunikasi.
C. Kaidah bahasa ada yang tersirat dan ada yang tersurat.
D. Kaidah bahasa merupakan pedoman dalam berbahasa.
E. Kaidah bahasa harus dipahami oleh pengguna bahasa.


C. Melengkapi Unsur Teks Deskripsi

Karangan Deskripsi ialah karangan yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu seakan-akan pembaca melihat, mendengar, merasakan, mengalaminya sendiri.
Ciri-ciri / karakteristik karangan deskripsi

  • Melukiskan atau menggambarkan suatu objek tertentu
  • Bertujuan untuk menciptakan kesan atau pengalaman pada diri pembaca agar seolah-olah mereka melihat, merasakan, mengalami atau mendengar, sendiri suatu objek yang  dideskripsikan
  • Sifat penulisannya objektif karena selalu mengambil objek tertentu, yang dapat berupa  tempat, manusia, dan hal yang dipersonifikasikan
  • Penulisannya dapat menggunakan cara atau metode realistis (objektif), impresionistis (subjektif), atau sikap penulis.

D. Melengkapi Unsur Teks Narasi dan Mengurutkan peristiwa dalam cerita

Karangan narasi ialah karangan yang menyajikan serangkaian peristiwa yang biasanya disusun  menurut  urutan  waktu. Yang termasuk narasi ialah cerpen, novel, roman, kisah perjalanan, biografi, otobiografi.
Ciri-ciri/karakteristik karangan Narasi
Menyajikan serangkaian berita atau peristiwa
Disajikan dalam urutan waktu serta kejadian yang menunjukkan peristiwa awal sampai akhir
Menampilkan pelaku peristiwa atau kejadian

Berikut contoh soalnya: 

Perhatikan cerita acak berikut!

1) Hari berganti hari. Setiap hari kura-kura merawat pohon pisangnya.
2) “Ayo, kau di sebelah kanan, aku di sebelah kiri,” jawab kura-kura.
3) “Tumbuh, tumbuhlah pohon pisangku,” kura-kura bernyanyi riang.
4) Di tepi hutan hiduplah seekor monyet dan kura-kura. Pada suatu hari monyet mengajak kura-kura menanam pohon pisang.
5) Monyet hanya melihat tingkah kura-kura sambil tiduran di rerumputan.
6) “Kura-kura, mari kita menanam pohon pisang,” ajak monyet.
Urutan peristiwa dalam cerita tersebut adalah…
A. 4)-2)-3)-6)-1)-5)
B. 4)-1)-3)-5)-1)-6)
C. 4)-6)-3)-2)-1)-5)
D. 4)-3)-2)-1)-6)-5)
E. 4)-6)-2)-1)-3)-5)


E. Melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)

Pantun adalah bentuk puisi lam yang terdiri dari empat larik dengan rima ab-ab
Ciri-ciri pantun adalah sebagai berikut:
1. Tiap baris terdiri dari emapt baris
2. Tiap baris terdiri 8-10 suku kata atau 4 hingga 5 kata
3. Bersajak ab-ab
4. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran
5. Baris ketiga dan keempat merupakan isi

Contoh soal:

Cermatilah pantun rumpang berikut!
Rumah kecil tiang seribu
rumah besar tiang sebatang
[...............]
sudah besar ditimang gelombang

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah...
A. Kecil ditimang ibu
B. Masih kecil ditimang ibu
C. Anak-anak kecil ditimang ibu selalu
D. Kecil-kecil selalu menurut kepada ibu
E. Anak-anak sering manja kepada ibu


F. Melengkapi Unsur Ulasan (Cerpen, Novel Atau Film)

Teks ulasan film atau resensi film adalah karangan yang berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan suatu karya (mis: film). Teks ulasan terkadang disajikan tidak lengkap atau rumpang. Untuk melengkapinya, Anda harus memahami isi teks. Kalimat yang tepat untuk mengisi teks yang rumpang adalah kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelum dan sesydahnya. Caranya, Anda harus menemukan kata/kalimat kunci yang bisa dijadikan jembatan untuk menghubungkan maksud cerita.


G. Melengkapi Unsur Teks Prosedur (Langkah) dan Mengurutkan Langkah-langkah pada Teks Prosedur

Teks prosedur adalah jenis teks yang menjelaskan sebuah proses/langkah-langkah dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu. Biasanya untuk indikator ini, pertanyaan yang akan muncul pada soal UN adalah “pernyataan yang sesuai atau pernyataan yang tidak sesuai dengan teks prosedur” atau “menyusun teks prosedur”. Jadi dalam menjawab soal seperti ini hati-hatilah dengan kata “sebelum” dan “sesudah”.

Struktur teks prosedur terdiri atas tujuan dan langkah-langkah. Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai. Sedangkan langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai.

Sebuah paragraf terkadang disajikan rumpang atau tidak lengkap. Sebuah paragraf rumpang dapat dilengkapi dengan kata, frasa, atau kalimat. Kata, frasa, atau kalimat yang digunakan untuk melengkapi paragraf rumpang harus sesuai dengan isi paragraf.


H. Memvariasikan Kata dan Kalimat yang Bermakna Sama

Beberapa jenis kata memiliki variasi kata yang bermakna sama, yaitu:
1. Sinonim
Sinonim adalah beberapa kata yang memiliki bentuk berbeda tetapi memiliki arti yang sama atau mirip. Sinonim disebut juga persamaan kata.
2. Konotasi
Konotasi adalah kata-kata yang menimbulkan nilai rasa (halus atau kasar) pada seseorang atau makna yang bukan sebenarnya.
Contoh:
Makna denotasi (sebenarnya) Makna Konotasi (makna tambahan)
Mati Meninggal, gugur, mampus
Kelompok Komplotan, gerombolan
Bekas Mantan, eks
Konotasi ada dua, yaitu:
a. Ameliorasi, yaitu kata-kata berkonotasi halus, baik, tinggi, dan positif.
b. Peyorasi, yaitu kata-kata berkonotasi kasar, buruk, rendah, dan negatif.
Contoh:
Ameliorasi Peyorasi
Istri bini
Tunanetra buta
Tunawisma gelandangan

Berikut contoh soalnya:

Bacalah paragrafberikul dengan saksama!

(1) Generasi sekarang sering disebut sebagai Gen-C, alias connected. (2) Di mana pun dan kapan pun mereka ingin selalu terhubung dengan internet. (3) Saat di jalan macet mereka asyik dengan Twitter. (4) Saat beraktivitas tidak lupa mengunggah foto ke Facebook, (5) Kini, menunggu sekalipun, tidak lagi menyedihkan bahkan lebih menyenangkan karena bisa mengunduh lagu atau bermain game online.

Kalimat yang menggunakan kata berantonim dilandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)


I. Menyusun Paragraf dari Beberapa Data

Pada soal UN akan disajikan beberapa data seperti gagasan utama dan gagasan-gagasan penjeles. Anda harus mampu menyusunnya menjadi paragraf yang padu. Agar paragraf padu, digunakan kata hubung atau konjungsi yang tepat. Berikut ini merupakan jenis-jenis kata hubung (konjungsi).
1. Konjungsi koordinatif
    Contoh: dan, serta, tetapi, sedangkan, melainkan, atau

2. Konjungsi korelatif
    Contoh:
a. baik… maupun…
b. tidak…tetapi…
c. bukan…..melainkan…
d. sedemikian….sehingga…..
e. entah….entah…
f. jangankan….pun

3. Konjungsi subordinatif
a. konjungsi waktu
    Contoh: ketika, sejak, sambil, selagi, sesudah, sebelum
b. konjungsi urutan waktu
    Contoh: lalu, selanjutnya, kemudian, setelah itu
c. konjungsi syarat
    Contoh: jika, kalau, jikalau, apabila, asal, bila, manakala
d. konjungsi tujuan
    Contoh: agar supaya, biar
e. konjungsi pengandaian
    Contoh: andai, andaikata, seandainya, umpamanya
f. konjungsi perlawanan
   Contoh: biarpun, walaupun, meskipun
g. konjungsi pembandingan
    Contoh: seperti, seolah-olah, seakan-akan
h. konjungsi sebab
    Contoh: sebab, oleh karena itu, oleh sebab itu, karena
i. konjungsi akibat/hasil
   Contoh: sehingga, akibatnya, maka, sehingga, sampai
j. konjungsi atributif/perluasan
   Contoh: yang
k. konjungsi perbandingan
    Contoh: sama…. dengan…., lebih….daripada…
l. konjungsi komplemetif
   Contoh: bahwa

4. konjungsi antarkalimat
Contoh: oleh karena itu, walaupun demikian, akan tetapi, lagi pula, kecuali itu, selain itu, disamping itu, bahwasanya


J. Menyusun Simpulan dari Beberapa Data

1. Pernyataan umum
Berisi penjelasan umum tentang hal yang akan dibahas.
2. Deretan penjelas
Berisi penjelasan tentang sesuatu atau data-data yang berkaitan dengan teks
3. Interpretasi
Pengambilan kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Pada teks anekdot, interpretasinya berupa pelajaran yang diperoleh dari cerita (koda)


Itulah Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2 sebagai sambungan Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian I pada artikel sebelumnya. Bedah kisi-kisi ini belum tuntas. Sambungannya silakan buka artikel Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 3 atau klik link https://goo.gl/iVprmw. Semoga bermanfaat.