Pict By : studyinsweden |
Sebelum UN, Dinas Pendidikan telah membagikan kisi-kisi (SKL) untuk membantu peserta didik belajar. Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran yang diujiankan juga telah ada kisi-kisi atau SKL-nya. Namun belum banyak yang memilikinya. Untuk itu, saya akan membagikan Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018. Berikut kisi-kisinya:
KISI-KISI UN BAHASA INDONESIA SMK 2018
Level Kognitif
|
Membaca Nonsastra
|
Membaca Sastra
|
Menulis Terbatas
|
Menyunting Kata/Istilah, Frasa,
Kalimat, dan Paragraf
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Pengetahuan dan Pemahaman
· Mengidentifikasi
· Memaknai
· Menentukan
|
Peserta didik dapat
memaknai istilah/kata
|
Peserta didik dapat:
· menentukan kata yang bermakna/majas/ kias dalam karya
sastra
· mengidentifikasi unsur karya sastra
|
Peserta didik dapat mengisi dengan
kata/istilah yang tepat sesuai konteks
|
Peserta didik dapat:
· mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
· mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
· mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
|
Peserta didik dapat:
· mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
· mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
Aplikasi
· Menangkap informasi eksplisit
· Menginterpretasikan
· Menangkap informasi implisit
· Menggunakan
|
Peserta didik dapat :
· menemukan ide pokok
· menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan,
maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab-kibat)
· menemukan inti kalimat
|
Peserta didik dapat:
· menentukan isi tersurat dalam karya sastra
· menyimpulkan isi tersirat dalam karyasastra
|
Peserta didik dapat:
· melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi,
biografi)
· melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)
· melengkapi unsur ulasan
· melengkapi unsur teks prosedur (langkah)
|
Peserta didik dapat:
· menggunakan istilah dalam kalimat
· menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan
kata)
· menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai)
|
Peserta didik dapat:
· menggunakan ejaan
· menggunakan tanda baca
|
Penalaran
· Menunjukkan bukti
· Membandingkan
· Menanggapi/ mengomentari
· Merefleksi
· Mengevaluasi
|
Peserta didik dapat:
· membuat ringkasan teks
· mengomentari pendapat yang terdapat pada teks
· menunjukkan bukti dari simpulan
· menunjukkan hubungan antarbagian teks
|
Peserta didik dapat:
· menganalisis hubungan antarunsur
· menentukan bukti watak, setting
· mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
· menilai keunggulan/kelemahan kary sastra
· membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema,
unsur)
· meringkas isi karya sastra
|
Peserta didik dapat:
· mengurutkan peristiwa dalam cerita
· mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
· memvariasikan kata(sinonim)
· memvariasikan kalimat
· menyusun paragraf dari beberapa data
· menyusun simpulan dari beberapa data
|
Peserta didik dapat:
· memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu,
ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap)
· memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
· memperbaiki kesalahan penggunaan kata
|
Peserta didik dapat:
· memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
· memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
Itulah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018. Untuk Bedah Kisi-kisinya silakan buka link berikut:
* Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 1 https://goo.gl/7prXg
*Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2 : https://goo.gl/fypXcU
* Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 3 : https://goo.gl/iVprmw
Semoga bermanfaat.
* Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 1 https://goo.gl/7prXg
*Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 2 : https://goo.gl/fypXcU
* Bedah Kisi-Kisi (SKL) UN Bahasa Indonesia SMK 2018 Beserta Contoh Soal UN Bagian 3 : https://goo.gl/iVprmw
Semoga bermanfaat.