tutup iklan
bahasa innndnesia smk

Contoh Soal Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi T.P 2017/2018

Jumat, 01 Desember 2017

Contoh Soal Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi T.P 2017/2018 (elinbi.blogspot.com) - Beberapa hari lagi Ujian Akhir Se4mester Gajil atau semester I. Agar sukses menghadapi ujian siswa harus banyak latihan.

Banyak contoh-contoh soal di google atau mesin pencarian lain yang bisa dijadikan bahan latihan. Namun, sedikit sekali contoh soal untuk kurikulum 2013 revisi. Umumnya soal yang ditemukan adalah soal lama untuk kurikulum 2006 (KTSP).

Untuk itu, saya akan membagikan contoh soal terbaru untuk kuruikulum 2013 revisi. Berikut Contoh Soal Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi T.P 2017/2018 :

Contoh Soal Semester Ganjil Bahasa IndonesiaKelas X SMK Kurikulum 2013 Revisi T.P 2017/2018

PILIHAN GANDA


Petunjuk Khusus: Pilihlah satu jawaban yang tepat!
(1) Hari berganti hari. Setiap hari kura-kura merawat pohon pisangnya.
(2) “Ayo, kau di sebelah kanan, aku di sebelah kiri,” jawab kura-kura.
(3) “Tumbuh, tumbuhlah pohon pisangku,” kura-kura bernyanyi riang.
(4) Di tepi hutan hiduplah seekor monyet dan kura-kura. Pada suatu hari monyet mengajak kura-kura menanam pohon pisang.
(5) Monyet hanya melihat tingkah kura-kura sambil tiduran di rerumputan.
(6) “Kura-kura, mari kita menanam pohon pisang,” ajak monyet.
1. Urutan peristiwa dalam cerita tersebut adalah…
  1. 4)-2)-3)-6)-1)-5)
  2. 4)-1)-3)-5)-1)-6)
  3. 4)-6)-3)-2)-1)-5)
  4. 4)-3)-2)-1)-6)-5)
  5. 4)-6)-2)-1)-3)-5)

2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Generasi sekarang sering disebut sebagai Gen-C, alias connected. (2) Di mana pun dan kapan pun mereka ingin selalu terhubung dengan internet. (3) Saat di jalan macet mereka asyik dengan Twitter. (4) Saat beraktivitas tidak lupa mengunggah foto ke Facebook, (5) Kini, menunggu sekalipun, tidak lagi menyedihkan bahkan lebih menyenangkan karena bisa mengunduh lagu atau bermain game online.
Kalimat yang menggunakan kata berantonim ditandai dengan nomor….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)

Cematilah teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 3 s.d 5
  1. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan merupakan hal penting bagi kelanjutan suatu bangsa. 
  2. Kualitas generasi penerus ditentukan oleh kualitas pendidikan yang dilakukan Negara. 
  3. Namun, pendidikan belum menyentuh hal pokoknya, yaitu penguatan kompetensi akademik, sosial dan kultural. 
  4. Pendidikan masih bersifat normatif, yaitu transfer ilmu kepada siswa dengan tidak memperhatikan prosesnya. 
  5. Akibatnya, kita masih tertinggal dari Negara lain dalam mutu pendidikan.
3.  Teks di atas termasuk teks laporan hasil observasi karena berasal dari hasil….
  1. penelitian
  2. percobaan
  3. wawancara
  4. diskusi
  5. pengamatan

4. Pernyataan yang berisi definisi ditandai kalimat nomor…
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)

5. Kata yang bermakna sama dengan kata kualitas dalam teks tersebut adalah….
  1. jumlah
  2. kemampuan
  3. mutu
  4. pengetahuan
  5. ilmu

6. Cermatilah paragraf berikut!
Bila Anda gemar melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat, berikut ini merupakan cara untuk mendapatkan kenyamanan. Untuk dapat lebih memeroleh kenyamanan, biasakan datang lebih awal, saat memilih tiket pilihan tempat duduk di belakang atau tengah. Hal lain, pilah barang bawaan menjadi dua bagian untuk di kabin dan untuk masuk bagasi. Dalam penerbangan, pakailah sepatu yang mudah dilepas dan siapkan bacaan.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah....
  1. Cara melakukan penerbangan yang praktis.
  2. Strategi dalam melakukan penerbangan.
  3. Cara memeroleh kenyamanan dalam penerbangan.
  4. Hal-hal yang perlu dilakukan dalam penerbangan.
  5. Kiat-kiat melakukan penerbangan jauh.

7. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Empat dari tujuh penambang ditemukan tewas di penambangan intan kampung Ujung Murung, Banjar Baru, Kalimantan Selatan. (2) Korban tertimbun tanah longsor dari bibir tambang. (3) Penambangan tradisional itu runtuh setelah hujan lebat mengguyur kota Banjar Baru. (4) Kegiatan evakuasi korban yang tertimbun longsoran tanah setinggi empat meter itu perlu waktu yang sangat lama karena hanya menggunakan cangkul dan sekop. (5) Keempat korban longsor itu pada hari Jumat dimakamkan di Cempaka dan Sungai Tiung.
Kalimat yang berbentuk opini dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)

8. Bacalah paragraf rumpang berikut dengan cermat!
Padahal dalam kehidupan bersama, individu perlu diberi kesempatan menampilkan subjektivitasnya sejauh tidak mengganggu hak orang lain. ......., terciptalah masyarakat yang terbuka dan mampu bekerja sama. ......., masyarakat jangan terlalu diatur oleh negara. Apalagi ....... menyentuh kehidupan pribadi, mereka akan sulit belajar untuk menentukan pilihan sendiri serta bertanggung jawab penuh terhadap pilihan tersebut.
Kata hubung (konjungsi) yang tepat digunakan untuk menyatukan paragraf tersebut adalah ......
  1. Selain itu, Lagi pula, hingga 
  2. Dengan demikian, Selain itu, hingga 
  3. Kemudian, Selain itu, bahkan 
  4. Sebenarnya, Dengan demikian, agar 
  5. Akan tetapi, Tentu saja, bahwa 

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap, terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air di awan cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
9. Isi teks tersebut adalah siklus terjadinya…
  1. Air laut
  2. Hujan
  3. Penyinaran matahari
  4. Penggumpalan awan
  5. Peresapan air

10. Berdasarkan jenisnya, teks tersebut termasuk jenis teks ekposisi…
  1. Sebab – akibat
  2. Perbandingan
  3. Klasifikasi
  4. Definisi
  5. Proses

11. Struktur teks anekdot terdiri dari…
  1. Abstrak – orientasi – aksi – krisis – kode
  2. Abstrak – orientasi – aksi – krissir – koda
  3. Abstrak – orientasi – reaksi – krisis – koda
  4. Abstrak – orientasi – krisis – reaksi – koda
  5. Abstrak – organisasi – aksi – krisis – koda

12. Perbedaan anekdot dengan cerita lainnya terletak pada….
  1. amanatnya
  2. kelucuannya
  3. pengarangnya
  4. latarnya
  5. panjang pendek ceitanya

Cermatilah kutipan anekdot berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14.
Suatu hari, Budi dalam perjalanan pulang dengan mengendarai sebuah mobil. Saat itu, malam hari dan hujan turun dengan lebat. Sial bagi Budi, lampu depannya padam. Karena tidak ada penerangan yang cukup, Budi mengikuti lampu belakang mobil di depannya. Tiba-tiba, mobil yang diikuti Budi berhenti mendadak, dan mengakibatkan Budi menabrak mobil tersebut.
Budi : “Ini bukan salah saya, salah kamu yang berhenti mendadak!” (sambil menantang)
Sopir : “Itu jelas salahmu!”
Budi : “Kok bias, jelas-jelas kamu yang berhenti mendadak!” (masih dengan nada menantang)
Sopir : “Kamu kira ini di mana? Di sini kan garasi rumahku.”
13. Tokoh utama pada kutipan anekdot tersebut adalah….
  1. Budi
  2. Sopir
  3. Seseorang
  4. Orang sial
  5. Mobil

14. Bagian dari ceita yang merupakan latar adalah….
  1. Rumah
  2. Garasi
  3. Tempat parkir umum
  4. Rumah Budi
  5. Jalan raya

15. Nilai didik pada kutipan anekdot tersebut adalah…
  1. Emosi harus terkendali saat menghadapi persoalan
  2. Jangan lekas marah kepada orang lain jika belum tahu persoalan yang sebenarnya
  3. Semua orang tidak boleh marah
  4. Seorang sopir yang pemarah
  5. Budi seorang pemarah

16. Nilai didik pada kutipan anekdot tersebut adalah…
  1. Emosi harus terkendali saat menghadapi persoalan
  2. Jangan lekas marah kepada orang lain jika belum tahu persoalan yang sebenarnya
  3. Semua orang tidak boleh marah
  4. Seorang sopir yang pemarah
  5. Budi seorang pemarah

17. Berikut ini pernyataan yang sesuai tentang hikayat adalah….
  1. Merupakan cerita yang sudah kuno atau cerita lama
  2. Unsur rekaan merupakan cirri yang menonjol
  3. Sebagian besar ceritanya berkisar kehidupan istana
  4. Berbentuk cerita (naratif)
  5. Ceritanya berisi berita yang seang atau baru saja terjadi

Cermatilah kutipan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 18 s.d 20
Pengganti Hang Tuah di keratin adalh Hang Jebat. Sesungguhnya, ia menaruh dendam atas keputusan raja yang dijatuhkan kepada sahabat, Hang Tuah. Karena setia kepada sahabatnya, ia mengamuk di keratin, putrid-putri dan dayang-dayang diperlakukan kurang sopan sehingga banyak jugalah orang yang meninggal karena kerisnya, yang diberikan Hang Tuah kepadanya. Tiada seorang pun yang berani mendinginkan sehingga raja sendiri pun terlibat pula dalam kesulitan dan ketakutan.
18. Karakteristik yang menggambarkan bahwa naskah tersebut merupakan hikayat adalah….
  1. Istana sentries
  2. Tokohnya raja
  3. Kisah persahabatan
  4. Alur maju
  5. Latar terbatas

19. Tokoh Hang Jebat pada teks hikayat tersebut memiliki watak….
  1. Penyayang
  2. Setia
  3. Penolong
  4. Kasar
  5. Baik budi

20. Kutipan teks hikayat tersebut menggunakan sudut pandang….
  1. Orang pertama
  2. Orang pertama pelaku utama
  3. Orang pertama pelaku sampingan
  4. Orang kedua
  5. Orang ketiga

ESSAY

Petunjuk khusus: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik dan benar!
  1. Cermatilah teks eksposisi berikut. Berilah komentar bagaimana seharusnya sikap para sopir yang berunjuk rasa!
    Para sopir meninggalkan kendaraannya begitu saja karena mengikuti unjuk rasa di kantor DPRD Kota Surabaya dan Gedung Negara Grahadi. Tak ayal, kemacetan parah terjadi di jalan-jalan sekitarnya, terutama akses menuju tengah kota, seperti Jalan Biliton, Kusuma Bangsa, Kayun, dan Basuki Rahmat.
    Banyak pengguna jalan mengeluh karena tidak bias bergerak selama hamper 1,5 jam. “Kalau demo, mengapa harus menutup jalan? Kan, bukan mereka saja yang punya kepentingan,” ujar seorang pengemudi yang terjebak macet, Suseno.
  2. Sebutkanlah 5 ciri-ciri teks anekdot!
  3. Sebutkanlah 6 langkah-langkah untuk menceritakan kembali isi cerita.
  4. Jelaskanlah perbedaan antara hikayat dan cerpen!
  5. Sebutkanlah 7 unsur-unsur hikayat!