tutup iklan
bahasa innndnesia smk

Materi Kelas X SMA/SMK: Mengidentifikasi Suasana, Tema, dan Makna Beberapa Puisi dalam Antologi Puisi

Selasa, 21 April 2020
Materi Mengidentifikasi Suasana, Tema, dan Makna Beberapa Puisi dalam Antologi Puisi
 (elinbi.blogspot.com) – Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang banyak disukai karena disajikan dalam bahasa yang indah dan sifatnya imajinatif. Puisi juga dianggap sebagai rangkain kata-kata yang menggambarkan perasaan penulis (penyairnya) sehingga ketika membaca puisi kita bisa merasakan suasana yang digambarkan penyair. Makna yang terkandung dalam puisi juga dapat memengaruhi jiwa pembaca baik secara langsung maupun tidak langsung. Pesan yang ingin disampaikan penyair dirangkai dengan kata-kata yang indah dan sangat berbeda dengan bahasa sehari-hari.


Pada materi mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi dalam antologi puisi yang dipelajari di kelas X SMA/SMK kurikulum 2013 revisi, siswa dituntut untuk bisa memahami puisi dengan cara mengidentifikasinya. Mengidentifikasi merupakan langkah awal untuk bisa memahami puisi yang dibaca atau diperdengarkan. Namun, sebelumnya kamu harus mengetahui dahulu apa itu puisi dan antologi puisi.

Puisi merupakan karya sastra yang terikat oleh bait, rima, irama, dan diksi. Sedangkan antologi puisi adalam buku kumpulan puisi dari seorang atau beberapa orang penyair.

Hal-hal yang diidentifikasi dalam puisi:
1. Suasana Puisi
Suasana merupakan sesuatu yang dirasakan pembuat puisi atau penyair. Suasana dalam puisi dapat memengaruhi keadaaan jiwa pembaca sehingga membawa dampak psikologis tertentu bagi pembacanya.

2. Tema Puisi
Tema merupakan inti atau pokok yang menjadi dasar pengembangan cerita atau hal-hal pokok yang ingin disampaikan oleh penyair dalam puisinya. Tema puisi akan sangat menentukan penyair dalam memilih kata-kata yang digunakan dalam puisinya.

Perhatikan puisi berikut.
Aku Ingin

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepad api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, dengan isyarat yag tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

(Sumber: Hujan Bulan Juni, Kumpulan Puisi karya Sapardi Djoko Damono)


Tema puisi Aku Ingin karya Sapardi Djoko Damono tersebut adalah cinta. Tema ini dapat dengan mudah ditemukan karena pengulangan kalimat "Aku ingin mencintaimu" Sebanyak dua kali.

3. Makna Puisi
Makna merupakan pesan atau amanat yang hendak disampaikan oleh penyair kepada pembaca/pendengar. Terdapat beberapa cara mengungkapkan makna puisi, secara eksplisit dan implisit. Secara eksplisit, pengarang mengemukakan pesannya secara langsung (tertera langsung dalam kata-kata puisi). Secara implisit, yaitu pengarang secara tidak langsung menyampaikan pesan (tersirat). Dibandingkan prosa, pada puisi lebih banyak menggunakan makna tersirat.

Nah. Itulah Materi kelas X Mengidentifikasi Suasana, Tema, dan Makna Beberapa Puisi dalam Antologi Puisi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan tinggalkan pesan